Bagaimana Cara Melakukan Setting Ulang SMC

Ada kalanya Mac Anda mengalami kendala. Anda tetap mengalami kendala walaupun Anda sudah melakukan restart. Salah satu cara lain yang bisa Anda lakukan adalah melakukan setting ulang pada SMC atau System Management Controller-nya. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan setting ulang SMC pada Mac Anda.

Mengapa Harus Melakukan Setting Ulang SMC pada Mac

Ada beberapa hal yang membuat Anda harus melakukan setting ulang SMC. Salah satunya adalah jika kipas pendingin pada Mac Anda bermasalah. Misalnya saja, kipas pendingin tersebut terus berputar cepat, terus berputas sangat lambat, atau tidak bekerja sama sekali. Anda juga perlu melakukan setting ulang SMC jika terjadi masalah pada power atau baterai. Ada banyak masalah yang disebabkan karena power dan baterai Mac bermasalah. Misalnya saja, Mac Anda tidak mau menyala, Mac tidak bisa diperintahkan pada posisi standby, mati tiba-tiba, baterai tidak bisa terisi, dan lain sebagainya. Ada kalanya Anda terganggu dengan cahaya Mac yang tidak menyala dengan konstan atau lampu indikator tidak bekerja secara akurat. Bisa jadi ada sesuatu yang tidak beres dengan Mac Anda. Karena itulah, Anda harus melakukan setting ulang SMC. Contohnya, lampu indikator untuk baterai tidak bekerja secara akurat ataupun lampu-lampu lainnya yang tidak bisa menyala padahal Mac Anda menyala. Sama halnya jika terjadi sesuatu saat Anda akan menyalakan video pada Mac tersebut. Jika hal ini terjadi berulang-ulang, maka salah satu caranya adalah dengan mensetting ulang SMC Mac Anda tersebut.

Langkah-Langkah Melakukan Setting Ulang SMC pada Mac Anda

Ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti untuk melakukan setting ulang SMC dengan benar.

       Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan Mac milik Anda tersebut.

       Setelah dipastikan kalau Mac Anda sudah mati, sambungkan kabel adaptor ke Mac Anda.

       Jika kabel adaptor sudah terpasang, segera tekan Shift + Control + Options dan tombol Power secara bersamaan.

       Setelah beberapa detik, lepaskan semua tombol tersebut secara bersamaan pula. Kemudian lihat lampu indikator pada kabel adaptor Anda. Jika lampu indikator tersebut berubah warna, maka itu artinya Anda sudah melakukan setting ulang SMC.

       Jika sudah nyalakan Mac Anda seperti biasa.

Yang paling penting adalah Anda harus mengetahui bahwa saat melakukan setting ulang tersebut, maka settingan lama pada Mac akan berubah kembali ke format setting awal. Anda juga tidak perlu khawatir jika proses booting Mac sedikit lebih lama setelah proses setting ulang. Hal ini wajar saja.   

Bagaimana jika Anda menggunakan iMac, Mac Pro, atau Mac Mini? Bagaimana cara melakukan setting ulangnya? Berikut ini langkah-langkahnya.

       Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mematikan perangkat Mac Anda.

       Setelah itu lepas kabel yang masih tersambung.

       Dalam keadaan mati, tekan tombol power setidaknya selama 5 detik.

       Setelah 5 detik, lepaskan tombol power kemudian pasang kembali kabel power Mac Anda.

       Setelah kabel power terpasang, silakan booting Mac seperti biasa.

Selain itu ada pula pengguna yang menggunakan perangkat Mac atau Mac Pro dengan baterai yang bisa dilepas. Bagaimana cara mensetting ulang perangkat yang seperti ini?

       Matikan perangkat Mac atau Mac Pro Anda kemudian lepaskan baterainya.

       Lepaskan pula kabel adaptor.

       Tekan tombol power selama 10 detik kemudian lepaskan.

       Setelah itu pasang kabel adaptor dan baterai.

       Nyalakan Mac atau Mac Pro Anda seperti biasanya.

Semoga dengan melakukan setting ulang SMC pada Mac Anda, masalah-masalah yang sudah disebutkan di atas bisa diatasi dengan baik. Setelah itu, Anda bisa menggunakan perangkat kesayangan Anda tersebut seperti sedia kala.

Source :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *