Cara Mengganti Hard Drive Pada MacBook dengan SSD Hard Drive

Ada beberapa alasan mengapa Mac Anda dilengkapi dengan SSD hard Drive. Salah satunya adalah karena penggunaan energi yang lebih efisien serta suara putaran disk pada Mac akan lebih halus. Tapi, tahukah Anda bahwa Anda bisa mengupgrade SSD hard drive lama pada Mac Anda dengan SSD hard drive yang baru? Tujuan melakukan upgrade ini adalah untuk meningkatkan atau mengembalikan performa Mac Anda layaknya seperti baru. Lalu, bagaimana cara mengganti SSD hard drive lama pada Mac Anda dengan SSD hard drive yang baru? berikut ini langkahnnya.

Perlengkapan yang Harus Anda Siapkan

Ada beberapa perlengkapan yang harus Anda siapkan jika ingin mengganti SSD hard drive lama dengan SSD hard drive yang baru.

       Siapkan SSD hard drive yang baru, contohnya Samsung 850 Evo 2.5 inci SATA.

       Siapkan Kabel USB SATA

       Obeng kecil untuk melepas bagian-bagian Mac Anda.

       Obeng khusus untuk melepaskan perangkat keras yang ada pada Mac Anda.

Langkah-Langkah untuk Mengganti SSD Hard Drive pada Mac

Setelah perlengkapan di atas lengkap, kini Anda siap untuk mengganti SSD hard drive pada Mac tersebut. Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk proses penggantian.

       Sambungkan SSD hard drive dengan menggunakan kabel USB SATA. Jika sudah tersambung, lanjutkan dengan mengoperasikan program Disk Utility. Pada bagian kiri, Anda akan melihat pilihan SSD. Jika sudah menemukan bagian tersebut tekan tombol hapus atau erase. Jangan lupa untuk melakukan backup file terlebih dahulu untuk menjaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

       Setelah proses tersebut selesai, Anda bisa mulai mengganti SSD hard drive lama yang ada di dalam Mac Anda tersebut. Pada proses ini, Anda harus membuka penutup bagian bawah Mac dengan menggunakan obeng kecil. Siapkan pula wadah khusus untuk bagian-bagian tersebut agar tidak tercecer sehingga Anda lebih mudah mengembalikan seperti semula nanti.

       Jika bagian penutup sudah terbuka, tekan bagian yang terbuat dari logam untuk melepaskannya. Anda bisa melakukan proses ini sambil membersihkan bagian lainnya. Gunakan obeng biasa untuk melepaskan SSD hard drive yang terpasang di sana. Lepas dan pindahkan secara perlahan.

       Setelah proses pelepasan SSD hard drive lama berhasil, sekarang pasang SSD hard drive baru yang sudah Anda siapkan. Masukkan SSD hard drive baru tersebut ke tempatnya. Kemudian pasang kembali semua bagiannya secara perlahan dan benar. Pastikan semua sudah dipasang dengan rapat termasuk memasang mur dengan rapat. Jika sudah dipastikan rapat, maka proses mengganti SSD hard drive lama menjadi SSD hard drive baru selesai.

Untuk memastikan bahwa proses penggantian SSD hard drive lama menjadi SSD hard drive baru berhasil, coba nyalakan Mac Anda. Tidak perlu khawatir jika proses ini sedikit lebih lama dari biasanya. Hal ini wajar saja karena Mac sedang melakukan konfigurasi terhadap SSD hadr drive yang baru. Tapi jika proses konfigurasi sudah selesai maka Mac Anda akan bekerja lebih cepat dan lebih efisien dari biasanya. Ciri lainnya jika proses mengganti SSD hard drive lama ke SSD hard drive baru berhasil adalah dengan melihat waktu saat mengoperasikan program tertentu. Jika program tersebut bisa beroperasi dengan cepat, maka proses mengganti SSD hard drive tersebut berhasil. Sama halnya saat Anda menyimpan data penting. Prosesnya akan jauh lebih cepat. Intinya, Anda seperti memiliki Mac baru padahal Anda masih tetap menggunakan Mac yang lama hanya dengan SSD hard drive baru saja.

Source :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *