Cara Melakukan Proses Kalibrasi Baterai Mac

MacBook, MacBook Pro, dan MacBook Air menggunakan baterai dengan prosesor internal. Tujuan dari prosesor internal tersebut adalah untuk memaksimalkan kerja baterai. Selain itu, prosesor internal juga berfungsi untuk menganalisa daya baterai yang tersisa. Baterai dengan prosesor tersebut tidak akan bekerja secara maksimal tanpa adanya proses kalibrasi baterai Mac secara berkala. Lalu, kapan dan bagaimana cara melakukan kalibrasi baterai Mac Anda?  

Langkah-Langkah Mengkalibrasi Baterai Mac

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan jika ingin melakukan prose kalibrasi baterai Mac. Ikuti langkah-langkah tersebut dengan benar, maka proses kalibrasi akan berjalan dengan maksimal. Itu artinya baterai dan prosesor internalnya akan bekerja secara akurat.

       Pastikan jika baterai Mac Anda sudah terisi penuh. Jika belum, maka isi terlebih dahulu hingga daya baterai penuh. Pastikan warna adaptor sudah berubah menjadi hijau. Lihat juga tanda baterai dalam laya monitor dan pastikan sudah menunjukkan bahwa baterai penuh.

       Setelah penuh, jangan cabut kabel adaptor. Biarkan tetap mengisi dan gunakan Mac Anda selama 2 jam.

       Setelah digunakan selama 2 jam, lepaslah kabel adaptor tersebut tapi jangan matikan Mac Anda. Terus gunakan Mac Anda hingga indikator baterai pada layar Mac semakin habis dan Anda melihat tanda bahwa Macharus melakukan pengisian daya baterai.

       Saat baterai mulai habis, jangan lupa menyimpan semua pekerjaan yang sudah Anda lakukan. Tidak perlu khawatir, tetap gunakan Mac Anda hingga Mac tersebut mati karena kehabisan daya baterai. Barulah setelah itu matikan Mac Anda tersebut.

       Jangan langsung mengisi daya baterai Mac tersebut. Biarkan Mac Anda tanpa daya baterai setidaknya selama 5 jam atau lebih tapi tidak boleh kurang dari 5 jam. Setelah 5 jam barulah isi daya baterai dengan menancapkan kabel adaptor. Isi daya baterai hingga penuh.

Setelah baterai Anda penuh, maka Anda sudah melakukan proses kalibrasi baterai Mac. Lakukan secara berkala maka indikator baterai dan prosesor internalnya akan memberikan informasi secara akurat.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Proses Kalibrasi Baterai Mac

Lalu, kapan tepatnya Anda harus melakukan proses kalibrasi baterai Mac? Sebenarnya, Anda harus melakukan proses kalibrasi baterai ini secara berkala sejak Anda pertama kali menggunakan Mac tersebut. Apple sendiri menyarankan pengguna Mac mereka untuk melakukan proses kalibrasi setidaknya 1 kali dalam beberapa bulan. Namun, mengenai kapan tepatnya melakukan kalibrasi tergantung dari seberapa sering Anda menggunakan Mac Anda tersebut. Semakin sering Anda menggunakan Mac Anda maka Anda juga harus sering melakukan kalibrasi. Tapi setidaknya Anda bisa melakukan proses kalibrasi ini sebanyak 4 kali dalam 1 tahun.

Cara untuk Maksimalkan Penggunaan Baterai

Memaksimalkan penggunaan baterai laptop bukan berarti menghabiskannya sia-sia. Anda harus menggunakannya dengan bijak. Ada beberapa cara untuk memaksimalkan penggunaan baterai Mac sehingga tidak cepat habis. Misalnya, redupkan cahaya monitor Mac Anda. Semakin redup cahaya layar monitor maka Mac hanya memerlukan sedikit daya yang artinya baterai lebih hemat. Selain itu, Anda juga perlu mematikan Wi-Fi jika sedang tidak menggunakannya. Menyalakan Wi-Fi akan menguras daya baterai walaupun Wi-Fi tersebut tidak digunakan. Jangan lupa untuk memutus dan melepas semua sambungan yang tersambung ke Mac. Walaupun dalam keadaan tidak digunakan atau dimatikan, Mac akan tetap memberikan daya khususnya pada perangkat yang masih tersambung sehingga baterai akan lebih cepat habis.

Semoga dengan melakukan proses kalibrasi baterai Mac yang benar, semua informasi mengenai baterai yang tertera pada layar monitor menjadi lebih akurat. Informasi yang akurat sangat penting khususnya untuk Anda yang sering menggunakan Mac tanpa kabel.

Source :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *